Friday, June 12, 2015

MULTI-INSTRUMENTALIST

"A multi-instrumentalist is a musician who plays two or more musical instruments."

Hi Geng,


Judul dari postingan kali ini kemungkinan akan terkesan sok tau atau menyombong bahkan lebay. Namun bukan hal-hal tersebut yang menjadi tujuan gue membuat postingan kali ini. Seperti yang pernah gue bahas di postingan gue sebelumnya, semenjak gue menjadikan Neurotic kendaraan utama untuk berkarya, gue sangat menikmati peran sebagai multi-instrumentalist
   
Walaupun gue bukan pemain alat-alat musik yang super handal, tetapi sangat menyenangkan rasanya pada saat memainkan semua alat musik di rekaman. Bukan karena buat gaya-gayaan, tetapi karena gue sendirian yang memainkan semua instrumen, gue jadi tahu bagaimana saling mengisi dan melengkapi permainan gue di masing-masing instrumen. Contohnya pada saat gue take drum, gue sudah tahu harus main seperti apa, fill in seperti apa, sambil membayangkan nanti isi bassnya seperti apa. Begitu pun pada saat rekaman gitar, keyboard, dan layer-layer lainnya, misalnya backing vocals. Kalau gue yang mengerjakan semuanya sendiri, lebih efektif dan tidak perlu berdebat dengan orang lain pada saat mengerjakan sebuah lagu.






Pada saat live gue juga menikmati peran berbeda-beda yang gue jalani pada saat di atas panggung, apapun instrumennya. Masing-masing instrumen ada seninya sendiri-sendiri. Dan ketertarikan dengan masing-masing instrumen tersebut juga bisa menguras habis saldo gue, karena selain mendalami permainannya, pendalaman kepada alat musiknya juga penting menurut gue, sehingga hasilnya adalah selalu ada saja keinginan untuk belanja alat-alat musik. Hehehe.






Salah satu multi-instrumentalist yang gue idolakan di Indonesia adalah Pandu Fuzztoni. Pandu adalah gitaris band Morfem, basis The Adams, basis The Upstairs, vokalis & gitaris The Porno, sering terlihat bermain drum bersama Barefood, dan belakangan punya grup musik baru bernama Zuff. Pandu juga beberapa kali pernah bermain bass bersama Neurotic. Untuk urusan multi-instrumentalist gue merasa connect sekali dengan Pandu. Sebabnya adalah, treatment kita bermain musik dan menjadi multi-instrumentalist bukan karena kita berdua virtuoso atau maestro, tetapi karena kita berdua senang saja mengulik alat-alat musik, merekam-rekam musik, dan ngeband di atas panggung apapun perannya saat itu. 
Belum lama ini gue mendapatkan  kesempatan untuk menjadi produser untuk single terbaru dari Once Mekel yang berjudul "Tak Sempurna". Lagu ini diciptakan oleh teman ngeband gue jaman di Alexa, Nur Satriatama yang biasa dipanggil Satrio. Di lagu "Tak Sempurna" ini gue memainkan semua instrumen, dan juga mengisi backing vocals. Ini adalah produk pertama di mana gue menjadi multi-instrumentalist selain di Neurotic.




So, selamat menikmati lagu "Tak Sempurna" dan kasih tau dong komentar kalian tentang karya terbaru gue ini.

#letsgetweird
#indoartpop

No comments:

Post a Comment